Trending

Minggu, 23 November 2014

Profil OSIS

Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.

Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional. Selain itu, juga berfungsi untuk :
1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
3. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
4. Memantapkan kepribadian dan mandiri.
5. Mempertebal rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Anggota OSIS
1. Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan.
2. Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangkutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, atau meninggal dunia.
3. Setiap anggota mempunyai hak :
a. Mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
b. Bicara secara lisan maupun tertulis.

Sasaran/Target Pembinaan
1. Meningkatkan peran serta siswa dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional.
2. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed by OSIS SMAN 1 SAMBUNGMACAN. Template by Blogger Templates